Thursday, June 2, 2011

KBB #23 : Cheesy Fun

Jangan mengira tiap baking bakalan sukses, ini kejadian sama saya. Bayangin udah baca resep berkali-kali udah tanya sana-sini dan udah nyiapin bahan, apa yang terjadi ? Semua  usaha hilang dalam hitungan menit....iyaa kue saya untuk tantangan KBB kali ini gagal dengan sukses...G o s o n g !

Tadinya saya sudah punya bayangan cheese cake ini bakalan keliatan indah dipandang dan enak dilidah, dengan perpaduan dua bahan keju yang beda dan cukup memeras kantong ...cling dalam benak saya ini pasti bakal jadi salah satu dessert favorit. Tapi apa daya bayangan indah tetap bayangan...dan hasilnya bisa dilihat digambar ini...:P liat deh balutan kacang-kacangannya hitam legam.

Saya memang menggunakan loyang muffin berbahan telfon, karena memang mau menyajikan cheesecake ini lebih personal. Tapi ternyata panas ovennya malah membuat si bagian luar kue matang duluan. Nah jadi, adonan cheesecake masih belum set, tapi adonan kacangnya sudah matang dan gosong duluan. Mungkin karena luas yang lebih kecil dibandingkan dengan loyang kue ukuran standar.




Lemon Cheesecake
Sumber: Successful Baking via KBB

Cheesecake ala Italian ini memiliki rasa citrusy yang enak sekali disantap dengan espresso kental.

Bahan-bahan :
Untuk 8-10 porsi
¼ cup port ----- (*sejenis wine - bisa diganti)
¼ cup orange juice
75g sultanas
150g mascarpone
400g ricotta
125g gula kastor
2 btr telur, pisahkan kuning dan putihnya
3 buah lemon, parut kulitnya
60g tepung terigu
80g manisan apricot, iris tipis

Crust:
30g mentega tawar
185g kacang2an, haluskan
8 sdt gula kastor
4 sdt dark brown sugar
½ sdt bubuk kayu manis
¼ sdt bubuk mixed spice

Panaskan oven 170C. Siapkan loyang ukuran 23cm, olesi dasar dan sisi2 loyang dengan mentega leleh. Alasi dasar loyang dengan baking paper, lalu olesi mentega leleh.

Panasi port, orange juice, dan sultanas di dalam panci selama 5 menit. Angkat dari api, tutup dan biarkan selama 15 menit.

Crust: panaskan mentega hingga leleh, masukkan kacang2an, semua gula dan rempah-rempah; aduk rata. Letakkan di dasar dan sisi loyang, tekan-tekan supaya padat dan melekat.

Kocok mascarpone dan ricotta hingga lembut, lalu masukkan gula, kuning telur dan parutan kulit jeruk, lalu masukkan tepung, aduk hingga rata dan lembut. Masukkan campuran sultanas-port-orange juice dan apricots.

Kocok putih telur di dalam mangkuk yang bersih dan bebas lemak hingga soft peaks. Masukkan putih telur kocok ke dalam campuran keju. Tuang ke dalam loyang, ratakan permukaannya.


DSC_0022
Letakkan loyang ke atas loyang oven/loyang biscuit (oven tray/baking tray), panggang selama 1 jam, atau hingga permukaan cheesecake set tengah2nya dan berwarna emas kecoklatan di sekelilingnya. Matikan oven. Biarkan cheesecake di dalam oven dengan pintu dibuka sedikit selama 50-60 menit.

Keluarkan cheesecake dari oven. Gunakan pisau tumpul secara perlahan ke sekeliling cheesecake, lalu biarkan hingga betul2 dingin. Keluarkan cheesecake dari loyang dan dinginkan dalam kulkas selama 2 jam sebelum disajikan.

Tips: olesi mentega leleh ke sekeliling loyang agak tebal sehingga crust kacang akan terbalut secara merata.


LCC

Hasilnya : soal rasa sih menurut saya agak kemanisan dibanding cheesecake jepang yang pernah saya buat sebelumnya. Dan adonan cheesecake ini setelah matang jadi memadat tidak seperti kebanyakan kue dengan tekstur spongy kesukaan kami. Tapi masih tetap ok lah buat dessert walau bukan favorit ;D

7 comments:

Retno Prihadana said...

walaupun agak gosong juga fotonya tetep TOP....selalu kagum liat hasil jepretannya Elsye^^

Elsye said...

thanks mbak retno ;)

Mira G. Lestari said...

Duh Maak itu ide pake daun daun keringnya sumpah kece beraat... Top deh fotonya selalu bikin ngiri. :D

Elsye said...

nuhun neng miraaa...etapi gosonggg makkk..;(((

Unknown said...

gosong tapi tetep fotogenik hihihi

Rifda said...

iiih tetep keceeeeeh fotonya. always love your capture deh mba.

Elsye said...

@arfi : thankss makk ;) nyang penting ngerjain tugas :P

@rifda : thankss yaaaahhh..;)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...