Thursday, September 23, 2010

Si Hitam - Chiffon Ketan Hitam

Chiffon Ketan Item

Kalo kamu suka cake jangan sampai ketinggalan mencoba resep aneka chiffon. Ehmm rasanya membal dan tidak terlalu eneg di mulut. Tidak seperti kebanyakan cake yang berasa butter, chiffon lebih ringan rasanya. Walaupun proses pembuatannya agak sedikit sulit, tapi kamu pasti tidak kecewa dengan hasilnya.

Chiffon ketan hitam yang unik jadi salah satu pilihan kali ini, resep dari Facebook Mbok Piti modifikasi dari Chiffon Talas Ungu.

Agar chiffon mulus dan bagus ada sedikit tips dari Ibu Fatmah Bahalwan untuk membuat chiffon yang anti gagal :
Tekstur cake ini sangat lembut membelai lidah. perhatian diperlukan pada saat membuat adonan putih telur, buat sampai kaku benar tapi tidak kering, sehingga Chiffon tetap rata permukaannya. Untuk hasil sempurna, timbang semua bahan persis seperti resep.
Sumber : NCC

Chiffon Cake Talas Ungu Mini
Sumber : Mbok Piti

Bahan :
100 gr Kuning Telur (sekitar 6 - 7 butir telur yg ukuran medium)
50 gr Gula pasir
100 ml Minyak
1/2 sdt Pasta Talas / Pasta Vanila (tidak pakai pasta)
100 ml Santan / Susu cair
115 gr Tepung Talas Ungu (diganti tepung ketan hitam)
60 gr Terigu
1 sdt Baking powder

230 gr Putih Telur 
1/2 sdt Cream of Tar Tar
125 gr Gula pasir

50 gr Kelapa kering (optitional)

Cara membuat:
  1.  Beri alas kertas roti pada dasar loyang chiffon, loyang tidak perlu di olesi mentega. Lalu panaskan loyang di dalam oven, tujuan nya supaya saat adonan di masukkan tidak bocor ke bawah. Campur kuning telur , pasta dan gula pasir, aduk rata.Tambahkan susu dan minyak, aduk rata. Masukkan ayakan tepung, aduk rata
  2. Kocok putih telur dan CTT hingga berbusa, tambahkan gula pasir sedikit2 sambil terus dimixer hingga mengembang dan soft peak .
  3. Masukkan adonan putih telur ke dalam adonan tepung sedikit2 sambil diaduk rata.Masukkan kelapa kering sebelum adonan putih telur habis dimasukkan. Langsung tuang ke dalam loyang panas.
  4. Oven dengan suhu 160 C - 170 C hingga matang, lakukan tes tusuk dengan lidi untuk mengecek apakah adonan di dalam masih basah atau sudah matang.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...