Wednesday, September 29, 2010

Jalan- Jalan : Pelabuhan Sunda Kelapa

Sunda Kelapa adalah nama sebuah pelabuhan dan tempat sekitarnya di Jakarta, Indonesia. Pelabuhan ini terletak di kelurahan Penjaringan, kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara.
Meskipun sekarang Sunda Kelapa hanyalah nama salah satu pelabuhan di Jakarta, daerah ini sangat penting karena desa di sekitar pelabuhan Sunda Kelapa adalah cikal-bakal kota Jakarta yang hari jadinya ditetapkan pada tanggal 22 Juni 1527.
Sumber : Wikipedia

IMG00062-20100912-0917


Jalan-jalan ke ibu kota setelah melewati 2 hari lebaran membuat sensasi tersendiri. Ibukota yang biasanya di ramai dan padat, kala itu terlihat lengang. Kami pun bertolak menuju pelabuhan Sunda Kelapa yang terkenal itu. Panas terik Jakarta tidak memadamkan kami untuk sekedar melihat pelabuhan itu, sayangnya kamera yang biasanya tergantung rapi tidak ikut dibawa serta. Tak ada rotan akar pun jadi, kamera handphone pun diberdayakan.

IMG00067-20100912-0919

Memasuki area pelabuhan, kami harus membayar uang masuk terlebih dahulu. Dua pria berseragam coklat memberhentikan laju kendaraan kami. Setelah mendapatkan karcis kami pun mulai menyisir daerah pelabuhan. Tak banyak aktivitas disana, pelabuhan cenderung sepi, kapal-kapal merapat ke tepian. Mungkin karena masih dalam masa libur hari raya.

Area yang cukup luas itu, terlihat kusam. Di sudut depan dekat pintu masuk ada satu ruangan kecil semacam pos tempat informasi untuk turis. Ruangan sempit dan pengap itu tak tampak satu orang pun penjaganya. Kusam cenderung tak terawat. Padahal dihari yang sama, terlihat segerombolan turis asing menuruni bis pariwisata besar untuk melihat-lihat kapal pinishi yang cantik.

IMG00066-20100912-0918

Suasana yang panas terik pun tidak menghalangi kami dan para turis berfoto. Diantara kumpulan kapal yang cantik itu, ada seorang bapak menawarkan perahu kecil semacam sampan kepada kami. Beliau menawarkan jalan-jalan ke tengah pantai. Tapi kami menolaknya. Melihat perahu yang kecil dan pantai yagn lumayan kotor, mengurungkan niat kami bersampan.

Sayang sekali, pelabuhan besar nan cantik dan dikelilingi orang perahu pinishi yang kokoh, malah tidak terpelihara. Padahal area itu mungkin bisa dijadikan objek wisata bahari di ibu kota.

Sunda Kelapa juga merupakan nama dari Jakarta sebelum tahun 1527.
Sumber : Wikipedia

6 comments:

Mom's the little one said...

emaaaaaak..saya mengikuti mu kemanapun kaw pergi :D - halaaah kamera handphone pun cantik begitu :))

School at Home said...

Elsye, congrats yach buat rumah barunya...sering2 update yach sye!

Indonesia Eats said...

makkk gak jd pk domain sndr

Lemon BasiL said...

Glad to have you back !

Sarang Japati said...

@ fitri : weekekekekek....samaaa gw juga ngikoott...dah gw pollow blog elu :D

@ roosy : thankss roos...:D qiqiqi insya Allah apdet

@ peppy : mak, lo kirim imel aja gw ga bisa copas lewat HP :P

@ ira : thankss Ra...:D

Anonymous said...

Bagus kaleee...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...