Wednesday, August 17, 2011

Kolak Biji Salak


Biji Salak


Menikmati tiap bulatan merah kenyalnya diwaktu buka puasa, mengingatkan saya ke masa kecil. Walau bukan mama saya yang membuatnya, hampir di tiap bulan puasa terselip satu makanan pembuka puasa kami, kolak biji salak. 

Dulu saya selalu bertanya, terbuat dari bahan apa sih kolak legit ini, kok si kenyal-kenyal manis ini bikin saya ketagihan. Sampai dewasa saya baru tau kalo kolak biji salak bukan biji salak yang asli tapi campuran tapioka/kaji dan ubi jalar. 

Beberapa waktu lalu sempat saya buat kolak ini, tapi kok rasanya kurang mantap mungkin karena campuran tepung ketan yang bikin ada rasa beras dibola-bolanya.


DSC_0043


Lagi-lagi, saya dapat resep "cihuy" ini setelah chit chat di salah satu group yang saya ikuti. Tanpa pikir panjang hari itu juga ubi jalar yang mengonggok di sudut dapur sudah saya berdayakan jadi kolak biji salak ini.

Resepnya ternyata mudah, murah dan enak. Dari salah satu buklet majalah Kartini tempo dulu. ;)

KOLAK BIJI SALAK
Sumber : Booklet Majalah Kartini via Lia

Bahan :
500 gr ubi jalar
200 gr tepung kanji
4 gelas santan dari 1/2 butir kelapa
250 gr gula merah
2 lembar daun pandan
1 sdt garam


Untitled Export-1


Cara Membuat :
1. Rebus ubi jalar bersama kulitnya, setelah masak kupas dan haluskan
2. Campur ubi yang sudah dihaluskan dengan tepung kaji kemudian aduk sampai jadi adonan yang mudah dibentuk.
3. Buat bulatan sebesar kelereng
4. Didihkan air dalam panci, masukan bulatan ubi kedalam air yang mendidih, angkat ubi jika sudah mengapung dan sisihkan.
5. Rebus 1/2 gelas santan dan beri garam sedikit.
6. Rebus sisa santan, gula, pandan dan garam. Didihkan kemudian saring dan kentalkan dengan sedikit arit kanji.
7. Masukan bulatan-bulatan ubi, kemudian sajikan dengan santan.

8 comments:

Amie said...

tercium bau enak kolak biji salak di sini... tumpang cicipi sedikit ye Elsye...

Ira Rodrigues {cookingtackle* said...

rasanya kenyel2 pastinya ya els, aku sih blm pernah makan yg dr ubi jalar ini. yummm...

Mom's the little one said...

foto rapi jali, nglipet napkin-nya jago! adwweeh..ga ada dua nya klo kesini deh :)

Elsye said...

@amie : silahkan amie :D

@ira : iya bener kenyel2 gitu deh heheheh menurut aku sih enak ga keras :P

@fitri : senggkiyuuu maaakkkk foto lo juga makin kinclonngggg :D

sefa said...

rajinnnnnnnn... salut gue sama elo masih sempet bikin takjil dan dipotret pulak

gue skg ini masak utk buka tapi gak pernah sempet motret :D

Elsye said...

wkwkwkwk iseng Fa..kadang gw juga jenih sih ...hikks..thanks udah mampir yaahh :D

Rita Sella said...

background mendukung banget buat performancenya kolak,jadi pengen bikin juga els, awal puasa makan bikinan tante tapi dr tepung. Dari ubi jalar pastinya lebih enak yah... hhmmm thanks yah buat komporannya

Elsye said...

Mak Ritaaa...bikinnn ;) *kompor* hihihi thanks udah mampir disela kesibukan ;D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...