Monday, August 1, 2011

KBB #24 : Rich Chocolate Tart

Phewww, tantangan KBB kali ini udah pasti ga bakalan ikutan round up, selain mepet waktunya saya masih disibukan dengan urusan lain. Riweuh sana-sini, dan suka banget kayaknya ngerjain tugas di akhir waktu :P

Tadinya waktu baca resep udah terpikir bakalan susah, belum lagi coklat yang banyak itu harus di tim. Kerjaan yang paling ga disuka yaitu nge-tim coklat. Selain agak sedikit repot juga kita harus tau kapan si coklat mesti diangkat biar ga gosong.

Nah dengan satu tekad yaitu mematahkan pikiran, bahwa resep tart ini sulit mulailah saya mengeluarkan berbagai bahan sesuai resep si tart coklat. Kebetulan sekali, ada sisa coklat masih tersimpan rapi di lemari es. Cihuyy ga perlu repot ke toko bahan kue.

Ga sampe setengah hari tart coklat ini jadi....


DSC_0039


KBB#24: Rich Chocolate Tart
Sumber: Best Food: Desserts. The Australian Women Weekly.
Untuk 10 porsi

Pastry
185g tepung terigu
25g coklat bubuk
55g icing sugar mixture
150g mentega dingin, cincang
2 kuning telur
1 sdt air dingin

Campur tepung, bubuk coklat, gula dan mentega di dalam mangkuk FP, lalu proses hingga tercampur rata. Masukkan kuning telur dan air, proses lagi hingga menggumpal. Uleni adonan hingga lembut. Tutup menggunakan plastik, dinginkan di kulkas selama 30 menit.

Panaskan oven, suhu sedang (moderate). 

Giling adonan pastry hingga cukup lebar untuk memuat loyang tart bongkar pasang ukuran 24cm yang sudah diolesi mentega hingga ke sisi2nya. Letakkan pastry ke dalam loyang, tekan-tekan ke sisi-sisinya, lalu ratakan pinggirannya. Tutup, dinginkan di kulkas selama 30 menit.

Tutup pastry dengan baking paper, isi dengan kacang2an kering atau beras, letakkan di atas loyang oven. Panggang tanpa ditutup selama 15 menit. Keluarkan kertas dan kacang2an/beras, panggang lagi 10 menit hingga sedang kecoklatan. Dinginkan.


Chocolate Tart


Chocolate Filling
4 kuning telur
2 butir telur
55g gula caster
80ml krim kental
300 DCC, lelehkan
1 sdt ekstrak vanilla

Buatlah pastry, lalu turunkan panas oven hingga suhu rendah (moderately slow).

Kocok kuning telur, telur dan gula caster di dalam mangkuk kecil dengan mixer hingga kental dan creamy. Masukkan krim, coklat dan ekstrak. Tuang adonan coklat ke dalam pastry yang sudah dipanggang. Panggang selama 30 menit atau hingga filling matang/set. Dinginkan selama 10 menit. Jika suka taburi dengan ekstra coklat bubuk, hidangkan.


Rich Chocolate Tart

Kalau mau tanya hasilnya, bener deh tart ini enak banget, terutama untuk penggemar coklat walau agak sedikit kemanisan di lidah saya. Cuma ternyata gampang banget bikinnya, ga sesulit yang dibayangkan. :D

5 comments:

Mom's the little one said...

tadi mampir ketempat Ira, foto nya keren2 skarang disini..juga keren.. hiyaaah.. makin minder gue mak..*kapan donk libur kerja nya gue mau berguru juga :DDD

Elsye said...

jadi malu gw *blushing*....foto lo juga cakeeeeppppp....;)

Ira Rodrigues said...

udah dipakek sendoknya, jd mengkilap els, kamu apain? di polish ya hahahah

My Life, My Child and My Food said...

beli dimana sendoknya Sye? di bali?

Elsye said...

ira : wkwkwkwk iya tak polish :P ga deng...langsung tak pake kemaren heheheh thankss yaa

roossy : di bali Rooss di kasih temen :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...