Friday, April 22, 2011

Orak Arik Tempe Kacang Panjang

Tempe, satu bahan yang sepertinya ga pernah tertinggal dalam menu makanan seminggu. Hampir dipastikan kalo kami jadi salah satu keluarga pecinta tempe. Waktu jamannya susah cari tempe, selalu ada jalan kita untuk mendapatkannya. Walau si tempe tadi dibeli dengan wujud tempe beku, pokoknya tempe masih jadi salah satu makanan favorit. 


Orak Arik Tempe


Nah apalagi kalo kepepet aka ga ada waktu masak tapi bento box suami mesti diisi si orak arik tempe jadi menu andalan. Tau sendiri kalau bangun kesingan sedikit tukang sayur langganan pasti udah ngider keliling komplek dan saya hanya bisa menyesali si tempe yang ga jadi dibeli.

DSC_0015

Bahannya gampang banget buat orak arik ini,

  • 1 lenjer tempe (ukuran selera) dipotong dadu
  • 10 batang kacang panjang, potong sesuai selera
  • 3 siung bawang merah, iris halus
  • 2 siung bawang putih, iris halus
  • 3 buah cabe merah keriting, potong serong
  • 3 buah cabe hijau besar, potong serong
  • 1/2 buah tomat
  • garam
  • gula
  • kecap manis
  • air
  • minyak untuk menumis
Cara membuat :
Goreng tempe sampai matang, sisihkan
Tumis bawang merah, bawang putih, cabe dan tomat sampai harum
Beri garam, gula dan kecap manis, tambahkan sedikit air
Masukan tempe yang sudah digoreng dan kacang panjang, aduk rata
Cicipi rasanya, jika masih kurang bisa ditambah garam dan gula atau kecapnya
Sajikan hangat


TempeOrik-1

Selamat mencoba ;) Gampang cepat dan sehat ....

3 comments:

My Life, My Child and My Food said...

Sedappp Elsye...tempe di Indo meni cakep..disini tipis dan mahal, 1 papan $ 3.00 something....rasanya juga kali beda yach, enakan yang di Indo tempenya..:)

Elsye said...

Rooss iyah disini tempe meni ngalayah :P diditu pasti susah yah carinya :D btw blog makanannya apdet dong say :D

My Life, My Child and My Food said...

iya nich pengen 'sye...abis ga ada matahari mau moto, pake flash tambahan juga ga cukup hehhee...malu jadi pajang fotonya...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...