Saturday, April 23, 2011

Masak Bareng Yukk ! Edisi April : Muffin Wortel

Bikin muffin sebenernya ga begitu susah, tapi ada kalanya si muffin ga mau ngembang, seperti muffin wortel ini. 2 muffin sebelumnya selalu ngembang bagus walau dengan percobaan berkali-kali dan tanya para "bakuler" (sebutan buat seseorang yang membuat kue rumahan untuk dijual)

Jadi inget pertama kali bikin muffin, ya ampun ga ngembang sama sekali dan keras ! Arrghhh...sampai akhirnya karena ikut salah satu group yang rajin banget baking si muffin bisa di taklukan. Tapiii kenapa muffin wortel ini ga ngembang bagus padahal rasanya unik :( apa karena panas ovennya kurang atau cara pengadukannya yang salah.

Muffin Wortel

Resepnya saya dapat dari seorang teman bakuler yang beneran rajin banget bikin kue, untuk dijual atau untuk konsumsi sendiri. Sepertinya tiada hari tanpa baking ...(hebat !) Kenapa pengen coba muffin ini ? sebelumnya pernah makan cake wortel nan lembut (bikin sendiri) ditambah creamchees emang jadi paduan lezat, nah kalo muffin wortel ? iya jelas saya penasaran.

Ini dia resepnya :

Muffin Wortel
Sumber : Lina Hidayat

Bahan :
250 gr tepung terigu
1.5 sdt baking powder
1 sdt kayu manis bubuk
1/4 sdt cengkih bubuk
1/4 sdt garam
75 ml minyaj goreng
75 ml madu
2 butir telur ayam
3 sdm yogurt tawar
150 gr nanas, poting dadu

Muffin Wortel

Cara Membuat :
Panaskan oven sampai suhu 170 derajat celcius. Olesi cetakan muffin dengan sedikit minyak.
Campur terigu dengan baking powder, kayu manis bubuk, cengkih bubuk, dan garam. Aduk rata lalu sisihkan.
Campur minyak, madu, gula pasir dan telur, lalu aduk rata.
Masukan campuran tepung. Aduk sebentar, lalu tambahkan wortel, yogurt dan nanas. Aduk rata kembali.
Tuang adonan ke dalam cetakan muffin. Panggang selama 30-40 menit hinggamatang.
Angkat sajikan, untuk 8 buah

DSC_0028

Nah karena saya udah lama banget ga ikutan event Masak Bareng Yukk ! edisi ini akhirnya bisa juga ikutan, berkat si muffin wortel :P

6 comments:

Mom's the little one said...

wortel klow di parut kan banyak mengandung air mak, coba di tiriskan dulu air nya. Ato penggunaan liquid di resep di kurangi.. :)

Putih itu memang warna elu ya mak, cakep oy

Ira Rodrigues said...

wah kapan2 nyontek lagi ya buk, yg lemon muffin sukses dan laris manis hehe

my messy kitchen said...

bagus kok sist....latihan lagi pasti lama2 tau celah2nya....

My Life, My Child and My Food said...

kapan2 mau ikutan coba bikin muffin wortel..btw, Elsye, ga bikin blog homeschool...gw lagi suka ngajar Manda pake lapbook...linknya ada di blog kalo mau coba...fun lho!

Elsye said...

@ fitri : oww gitu yaahh pantes kok mingpes ;P tar berarti mesti ditirisin dulu kali yee itu wortel, he eh nih mak gw mau coba warna laen yang gelap2 deh bosen juga putih muluw :P..thankss yaa maakkk ;D

@ ira : seepp raaa...tapi kalo ga ada nanas ganti pake kismis juga enak, soalnya itu muffin beneran ga manis kalo plain aja :D

@ my messy kitchen : makasih udah mampir :D

@ roossy : ssipp :D iya nih roos pengen banget gw bikin blog HS tapi b elum kejadian juga :(( iya katanya pake lapbook bagus

Ruang3x4 said...

Hallo mba ellsye.. Salam kenal...
Maaf saya kog tidak melihat takaran untuk wortel dan bagaimana mengolah wortelnya.
Terima kasih atas infonya. Love ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...