Sunday, March 20, 2011

Sayur Lodeh

Kalau tiap hari bikin menu, dalam satu bulan bisa dipastikan ada menu Sayur Lodeh di meja makan. Gurih santannya memang bikin ketagihan. Apalagi kalau dipadukan dengan goreng ikan asin atau teri. Makan bisa nambah berkali-kali...

sayur lodeh


Resepnya juga simple, ga perlu repot ngulek karena saya selalu pake blender untuk bumbu halusnya, kenapa ? iya waktu saya terbatas untuk masak. Pagi-pagi sebelum berangkat kerja harus dan wajib masak buat satu hari. Makanya kadang pusing juga nyusun menu yang pas dilidah keluarga.

Balik ke sayur lodeh, resep ini saya dapat dari seorang teman. Tapi saya padukan dengan selera lidah kami yang memang kurang begitu suka dengan gurih santan. Teman saya sih sayur lodehnya dicampur dengan udang kering dan terong ungu tapi saya ganti terongnya dengan labu dan tanpa penambahan udang kering.

Ini dia resep ala saya

Sayur Lodeh

Bahan :
1 buah labu dipotong dadu
1 ikat kacang panjang

Daun melinjo
2 buah jagung manis
1/2 butir tomat
3 buah cabe hijau besar
1 lembar daun salam
2 cm lengkuas, digeprek
1 1/2 liter santan cair

DSC_0035

Bumbu halus :
4 siung bawang merah
3 siung bawang putih
3 butir kemiri

Cara :
Tumis bumbu halus sampai harum, masukan daun salam, sereh, lengkuas. Masukan santan kemudian masukan jagung manis yang sudah di potong, tunggu sampai agak matang.
Masukan sayuran lain tunggu sampai matang. Hidangkan panas.
Tips : aduk terus santan supaya tidak bergumpal.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...