Saturday, March 26, 2011

Banana Chocolate Chips Cake

Bikin cake ini sebenarnya "racun" dari BB group. Bisa dibayangin tiap ada yang bikin kue atau cake pasti deh 1 group keracunan semua, termasuk saya. Sebelumnya saya sering bikin resep banana bread dari Simply Recipe. Gampang ,cepet dan irit cucian :D

Tapi karena racun banana cake ini sudah menyeruak di group kayaknya saya juga ga mau kalah sama temen-temen yang udah duluan bikin. Kebetulan banget ada 2 buah pisang yang lumayan mateng, cocok deh dibuat cake ini, daripada masuk ke tong sampah.

Resepnya dapat dari Ienas yang sekarang jadi juragan banana cake :P teksturnya berongga juga tak terlalu padat.

Banana Cake


Banana Chocolate Chips Cake
Sumber : Ienas

Ingredients:
2 1/2 cup unbleached all-purpose flour 625 ml
2 sdt baking soda 10 ml
1/4 sdt garam 1 ml
1 cup minyak sayur 250 ml
2 cup gula pasir 500 ml
4 butir telur 4
2 cup pisang yang telah dihaluskan 500 ml
1 sdt vanilla
1 1/3 cup semisweet chocolate chip 325 ml
3/4 walnut yang dipanggang bentar (optional) 175 ml
(saya ganti pake almond)



Banana Cake


Directions:
1. Nyalakan oven pada suhu 350 F (180 C)
2. Siapkan 2 loyang loaf, lapisi dengan kertas minyak, semir dengan margarin
3. Campurkan terigu, baking soda dan garam dalam wadah kering
4. Kocok minyak sayur dan gula dengan mixer, tambahkan telur satu persatu, kocok terus.
5. Tambahkan pisang dan vanilla, kocok lagi
6. Masukkan campuran terigu, aduk sebentar hingga rata dan halus
7. Masukkan choco-chip dan kenari (jika pake)
8. Masukkan adonan ke dalam loyang yang sudah dilapisi kertas dan mentega.
9. Panggang selama 60-65 menit atau sampe matang (tusuk bagian tengah dengan tusuk sate, kalo udah nggak ada adonan yang nempel berarti udah mateng..)
10. Keluarkan dari oven. Biarkan cake dalam loyang kira-kira 15 menit.
11. Balikkan dan keluarkan cake dari loyang. Biarkan sampe dingin.
12. Nikmati bersama dengan teh hangat atau kopi...ehm...yummy!

Tips: Pisang yang sudah terlalu mateng bisa dimasukkan ke dalam freezer. Sebelum dibikin kue, cairkan dulu dalam microwave atau biarkan dalam suhu ruang beberapa saat.

O iya karena saya ga punya persediaan coklat chips juga walnut, akhirnya untuk topping si keju cheddar parut jadi penghiasnya. Kamu juga bisa ganti chocolate chips dengan kismis, sama enaknya kok :D Selamat mencoba.

4 comments:

My Life, My Child and My Food said...

'sye....aduhhh meni cakep foto kuemu...pasti yummy nich pake cheese..:)

Elsye said...

Nuhun Rooss :D...emang bener enak kuenya *narsis* :P

Buncis said...

Salam kenal, Mbak Else apa sih nama lain dari unbleached all-purpose flour? Kalo dalam versi Indonesianya gitu, thanks ya.

sefa said...

hihihihi... gue bikin gulanya 400ml, ampunnnnnnnnnn manis pisan :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...