Friday, November 12, 2010

Nastar : Yang tak lekang oleh Jaman

Siapa sih yang tak kenal Nastar, kue kering isi nanas yang pasti ada di tiap hari raya Lebaran. Manis, asam dan gurih bercampur jadi satu di tiap gigitannya.

Dari semenjak saya kecil 30 tahun lalu, kue kering ini selalu hadir di toples keluarga. Begitu pula tiap kami berkunjung ke saudara, teman atau pun tetangga, nastar jadi kue utama yang di suguhkan. 

Sekarang, rasanya saya perlu membuat sendiri si kue nastar untuk suguhan lebaran, selain memang dikantong lebih irit tak ada salahnya kan jika kita mencoba sendiri membuat nastar yang lezat.


DSC_0182


Cari punya cari, ada beberapa resep yang jadi list di buku catatan saya, tapi resep Nastar dari NCC memang jagonya. Renyah dan tidak lembek.

Kue Nastar
Sumber : NCC

Bahan kulit :
250 gr margarine
250 gr mentega
100 gr gula halus
4 butir kuning telur
700 gr tepung terigu
4 sdm susu bubuk

Bahan polesan :
3 btr kuning telur
1 sdt cookie glaze (aku gak pake krn gak tahu apa itu)
1 sdt susu cair (aku pake ini)


DSC_0214

Cara :
1. Aduk mentega + margarine, gula dan telur hingga rata. (mixer speed 1 asal nyampur jangan terlalu lama)
2. Masukkan tepung terigu dan susu bubuk, aduk perlahan samapi tercampur rata.
3. Ambil sedikit (kira2 1 sdm,aku pake sendok teh yang cekung), isi dengan selai nanas (kira2 1/4 sdt).
4. Susun di loyang yang sudah dioles margarin, oven 15 menit (setengah matang), suhu 140 derajat celcius, keluarkan dari oven oles denga bahn polesan, panggang lagi samapi matang 15 menit lagi hingga kuning mengkilat.
5. Angkat, biarkan dingin dan masukin toples.

Selai nanas :
- 1kg nanas parut ato blender, masak sapai airnya surut.
- tambahkan 300 gr gula pasir, 1sdt garam, cengkeh dan kayu manis.
- aduk terus hingga mengental, angkat bila sdh dingin masukkan dalam kulkas.

5 comments:

My Life, My Child and My Food said...

Elsye,ini nastar..favku....pengennya sich makannya doang...bikinnya malesss..:) nyomot satu yach 'sye!

Lemon BasiL said...

wah wah...bikin kangen sama nastar nih

Sofie said...

darlinggg...
itu foto yang pertama cakep bangetttt....
kumaha yeuh pengen bisa motret kayak gitu *hiks*

Sarang Japati said...

@roossy : ok rooss...qiqiqiqi emang bener nih bikinnya lamaaa makannya cepettt ;P

@ira : he ehhhh..benerr, bikin makk ;D

@sofie : aihhh nuhunnnn...eh kamari udah liat flickr bagus2 kok foto dirimu sayy ;D

crustabakes said...

waduh, nanas nya bikin sendiri juga yahhh. hebatss !

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...