Sunday, September 18, 2011

Ketoprak

Ini bukan ketoprak pertunjukan seni peran loh, tapi ketoprak makanan dengan bumbu utama kacang. Pelengkapnya juga bisa ditambah sesuai selera, ada yang memakai ketimun juga tempe.

Ketoprak ini juga jajanan yang ga kenal jaman, dari mulai saya kecil sampai sekarang tukang ketoprak pasti berseliweran di depan rumah kami. Walau sudah berpindah rumah beberapa kali tetap loh si tukang ketoprak selalu ada.

Awalnya jatuh cinta dengan ketoprak karena rasanya yang khas. Bumbu kacangnya yang gurih bikin saya ketagihan. Aroma bawang putihnya juga kerasa banget, memang saya bukan penggemar bawang putih, tapi kalo di padu sama bumbu ketoprak rasanya jadi beda.

Daripada saya mesti nunggu si tukang ketoprak, enak kan kalo bisa bikin sendiri dirumah ;) lebih hemat dan yang pasti lebih bersih. 

DSC_0006


Ketoprak

Bahan
250 gr kacang tanah
6 siung bawang putih
2 blok gula merah
5 buah cabe merah (goreng)
garam
air asam jawa
air matang

Pelengkap
lontong atau ketupat
bihun yang sudah diseduh air panas
tahu putih goreng
touge
seledri
bawang goreng
kecap manis
krupuk aci

Untitled Export

Cara Membuat :
Uleg bawang putih, garam dan cabe sesuai selera, masukan kacang tanah yang telah di goreng (sesuai selera) tambahan air asam jawa dan gula merah secukupnya. Uleg terus sampai lembut kemudian tambahkan air matang untuk mengentalkan bumbu ketoprak.

Setelah bumb kental, tata lontong yang telah di potong, tahu, bihun kemudian touge. Siram bumbu diatasnya kemudian tambahkan bawang goreng dan seledri cincang. Terakhir tambahkan krupuk aci dan kecap manis

2 comments:

sefa said...

betulkan prediksi gue, ngeluh di twitter foto gak ada yg beres, hasilnya dong... kinclong ;))

cantik els, banget!

Elsye said...

sengkiyu Faaa..tapi emang cuma ini yang mayan styling gw masih kacau :( mesti banyak belajar buu..hiks, btw thanks udah mampir :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...